Beranda > Sehat > Perempuan perlu tidur lebih lama di banding Pria

Perempuan perlu tidur lebih lama di banding Pria

Kenapa perempuan itu,,,perlu tidur lama dibanding Pria???
ada pakar neh dari inggris…katanya “perempuan perlu tidur 20 menit lebih lama dibandingkan laki-laki. Hal ini, disebabkan oleh kesibukan serta aktivitas multi-tasking mereka.

“Fungsi utama tidur itukan membiarkan otak memperbaiki dan memulihkan diri,”
Nah…Selama tidur, korteks (bagian depan otak yang berkaitan dengan fungsi memori, bahasa dan lainnya), melepaskan diri dari indera dan beralih ke mode pemulihan. Semakin banyak Anda menggunakan otak di siang hari, semakin banyak area otak yang perlu pemulihan. Akibatnya, Anda perlu tidur lebih lama.

Perempuan, cenderung melakukan banyak pekerjaan secara bersamaan. Karena itu, mereka lebih banyak mempekerjakan otak dibandingkan laki-laki. Untuk mengimbanginya, perempuan perlu tidur lebih lama…(asyiKkkkk tidurrr tidurrr^_^)

Akan tetapi, laki-laki yang mengerjakan tugas rumit dan melibatkan banyak aktivitas pengambilan keputusan dan berpikir juga memerlukan tidur lebih banyak dibandingkan laki-laki pada umumnya. Tapi tidak sebanyak perempuan.

Perbedaan ini, disebabkan oleh perbedaan rangkaian otak. Rangkaian otak perempuan lebih kompleks dibandingkan laki-laki, sehingga kebutuhan tidurnya juga sedikit berbeda. Perbedaan tidur ini bisa menjelaskan perbedaan kecepatan penuaan otak perempuan dan laki-laki. Otak perempuan berusia 75, menurut pakar kita pak Horne, setara dengan otak laki-laki usia 70. Hal ini, karena otak perempuan cenderung mempunyai waktu lebih banyak untuk rileks dan memperbaiki diri.

Perempuan kurang tidur

Ada sebuah Studi yang dilakukan peneliti dari North Carolina menemukan bahwa perempuan lebih menderita gangguan tidur dibandingkan laki-laki.

Apa penyebabnya? hal ini dpengaruhi oleh ukuran tubuh perempuan yang lebih ringan dan lebih mudah terganggu dibandingkan laki-laki. Perempuan cenderung lebih mudah digerakkan dan terbangun. Begitu terbangun, perempuan cenderung sulit untuk tidur kembali.

Di samping itu, beberapa perempuan menderita gangguan tidur selama kehamilan karena berat dan posisi bayi. Perempuan menopause seringkali mengalami gangguan tidur akibat gejala kilas panas (hot flashes). Selain itu, pikiran ibu lebih sensitif terhadap tangisan bayi, sehingga membuat perempuan lebih sering terjaga saat anak mereka menangis di tengah malam.
yupssss sedikitt tambahan pengetahuan lagi…

Kategori:Sehat
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: